Senin, 02 April 2018

Kebudayaan Papua - Tarian Adat


Papua terkenal dengan upacara adat dan kesenian daerahnya. Tarian tradisonal Papua menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melihat kebudayaan Papua. Berikut adalah contoh-contoh tarian tradisional khas papua.

Tari Perang

Image result for Tari Perang Papua

Sesuai namanya, Tari Perang biasa dipertunjukkan sebagai pembawa perang. Tarian ini dibawakan ketika kepala suku memerintahkan untuk berperang, karena tarian ini mampu mengobarkan semangat. Tarian yang melambangkan kepahlawanan dan kegagahan rakyat Papua. Tarian ini biasanya diiringi alat musik tifa dan nyanyian-nyanyian perang.

Tari Sajojo

Image result for Tari Sajojo

Sesuai namanya, Tari Sajojo diiringi oleh lagu khas Papua yaitu Sajojo. Tarian ini menceritakan seorang bunga desa yang banyak diidolakan di desanya. Tarian ini dapat diikuti dengan jumlah penari yang sangat banyak, tidak tergantung dengan jenis kelamin maupun usia. Karena gerakannya yang ceria, tarian ini terkenal di seluruh kalangan penduduk Papua.Tarian ini mencerminkan budaya warga Papua yang senang bergaul.

Tari Suanggi

Image result for Tari Suanggi

Berbeda dengan kedua tarian di atas, tarian ini lebih terkesan magis. Tarian ini menceritakan suami yang ditinggal mati istrinya. Nama ‘Suanggi’ mengandung arti roh jahat. Konon roh tersebut memiliki janji yang belum ditebus semasa ia hidup, dan ketika mati ia akan menjadi roh penasaran. Roh tersebut akan memasuki jiwa perempuan yang masih hidup dan mencelakakan orang lain.


Sumber info:

www.ragamseni.com
ilmuseni.com

Sumber gambar:

kamerabudaya.com
gapuranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar