Senin, 12 Februari 2018

Tentang


















Sebelum kita mengenal lebih dalam tentang Papua dan kekayaannya, kita perlu mengenal terlebih dahulu tentang Pulau Papua itu sendiri. Berikut adalah gambaran tentang Pulau Papua





Pulau Papua, atau Guinea Baru (New Guinea), atau disebut juga Pulau Irian adalah pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Pulau Papua terletak di sebelah utara Australia. Pulau ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu daerah barat yang dikuasai Indonesia dan daerah timur yang dikuasai Papua Nugini. Pulau ini memiliki bentuk yang unik, yaitu menyerupai burung cendrawasih yang merupakan satwa khas daerah Papua. Pulau ini 


Perlu diketahui bahwa kata "Papua" digunakan untuk merujuk pulau ini secara keseluruhan. Namun yang akan dibahas di dalam blog ini ialah wilayah provinsi Papua dan Papua Barat milik Indonesia.

GEOGRAFI

Pulau Papua memiliki luas wilayah sekitar 785,753 km² (termasuk wilayah Indonesia dan Papua Nugini), merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Papua yang terletak di dekat Garis Khatulistiwa memiliki iklim tropis. Pulau ini memiliki variasi curah hujan 45-255 mm/tahun dengan jumlah hari hujan rata-rata bervariasi antara 148-175 hari per tahun. Suhu rata-rata di Papua berkisar antara 29°C - 31.8°C.

Pulau Papua dipenuhi dengan sabana, hutan hujan, serta hutan bakau. Di pulau ini mengalir Sungai Mamberamo yang mengalir melewati wilayah Indonesia dan Papua Nugini.  Di pulau ini juga terdapat danau serta rawa-rawa. 

Puncak tertinggi di Pulau Papua dimiliki oleh Puncak Jaya atau Gunung Jayawijaya, sebuah gunung kapur yang berada di wilayah Indonesia. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 m, menjadikannya gunung tertinggi di Indonesia. Puncak Jaya ditutupi gletser-gletser yang tersebar di permukaan gunung tersebut.

PENDUDUK

Dilihat dari karakteristik budaya dan mata pencaharian, penduduk Papua di wilayah Indonesia terdiri dari golongan besar yaitu pedalaman dan pegunungan. Ada pula yang menetap di daerah perkotaan seperti kota Jayapura. Penduduk di Papua terdiri dari berbagai macam suku-suku, di antaranya adalah Asmat, Dani, Korowai, Sentani, dan lain-lain. Masing-masing memiliki kebudayaan masing-masing yang khas.
Image result for suku papua
Penari-penari dari suku Kamoro

Suku-suku pedalaman di Papua banyak yang telah tersentuh kebudayaan modern. Akan tetapi ada pula yang masih mengikuti adat istiadat lama. Sebagai contoh adalah rumah Honai yang masih dipakai beberapa suku di Papua.
Image result for rumah honai

FLORA DAN FAUNA

Flora dan fauna di Papua merupakan tipe Australis. Kebanyakan flora dan fauna di papua merupakan flora dan fauna endemik, yang berarti keberadaaan mereka unik di suatu lokasi tertentu. Karena banyaknya ekosistem beragam yang berada di Papua, spesies flora dan fauna yang ada juga beragam, di antaranya adalah:
Image result for Cendrawasih
Burung Cendrawasih


Image result for Kasuari
Burung Kasuari
Image result for anggrek hitam papua
Anggrek hitam Papua
dan masih banyak lagi.

Seperti itulah gambaran umum tentang Pulau Papua, meliputi Indonesia dan sebagian Papua Nugini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pembaca.



sumber info:

wikipedia.org
papua-adventures.com


sumber gambar: 

mappery.com 
industri.co.id
kompasiana.com
kamerabudaya.com
hewanpedia.com
jalaksuren.net
goodnewsfromindonesia.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar