Senin, 02 April 2018

Kebudayaan Papua - Senjata Tradisional

Dalam kebudayaan masyarakat Papua, senjata memiliki peran penting. Senjata bagi masyarakat Papua berfungsi sebagai alat untuk mempertahankan hidup, baik itu untuk mendapat hewan buruannya, atau pun berperang melawan kelompok suku lain yang mengganggu daerah kekuasaannya.

Berikut adalah contoh senjata tradisional Papua:

Busur & Panah


Image result for Busur dan panah papua

Busur dan panah biasa digunakan masyarakat Papua sebagai alat berburu dan berperang. Alat ini sangat berguna karena bisa menyerang sasaran dari jarak jauh. 

Busur terbuat dari kayu rumi dengan seutas tali yang terbuat dari rotan. Anak panahnya terbuat dari kayu dan mata panahnya yang terbuat dari tulang hewan yang sudah diruncingkan. Mata panah ini biasanya diberi racun yang berasal dari getah tumbuhan hutan guna menambah efek luka.

Tombak


Image result for Tombak Papua

Selain busur dan panah, tombak juga digunakan masyarakat Papua sebagai serangan jarak jauh dalam berburu maupun perang. Gagangnya terbuat dari kayu dan ujungnya terbuat dari batu atau tulang tajam. Seiring berkembangnya zaman, dibuat pula ujung tombak dari logam.

Kapak Batu

Image result for kapak batu papua

Kapak batu biasa digunakan untuk bertani atau membuka hutan. Kapak ini memiliki gagang dari kayu dan mata kapak dari batu yang tajam. Mata kapak ini diikatkan ke gagang menggunakan rotan. Senjata ini sudah mulai punah dengan seiring perkembangan zaman.

Sumber info:

www.kamerabudaya.com

Sumber gambar:

kilatnews.com
gpswisataindonesia.info
indonesiakaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar